Monday, 1 January 2018

6 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Libur


Memompa semangat kerja setelah liburan
Mengembalikan semangat kerja setelah liburan panjang.
Alhamdulillah, tak terasa masih diberi kesehatan dan umur panjang oleh Allah SWT di tahun baru 2018 ini. Pagi ini, tepatnya 2 Januari 2018 adalah hari pertama mulai masuk kerja lagi. Setelah libur yang cukup panjang, mengisi waktu bersantai dan rekreasi bersama keluarga, hari pertama kerja terasa agak berat ya? Hehehe.

Nah, kali ini, saya mau berbagi tips mengembalikan semangat kerja setelah liburan panjang di akhir tahun :


1.    Warming up

Kalau saya sih memperhatikan jadwal masuk kerja hari pertama. Artinya, satu hari menjelang masuk kerja, saya sudah mulai stand by di rumah, tidak ada jalan-jalan lagi walau hanya ke mall atau lokasi wisata terdekat dalam kota sekalipun. Semua rekreasi dan liburan saya selesaikan satu hari menjelang masuk kerja.

Nah, di hari inilah, saya mulai menyiapkan semua keperluan kerja, mulai dari pakaian kerja, tas, pulpen, pensil, dokumen, laptop, andoid,  dan sebagainya yang dibutuhkan untuk rutinitas kerja. Termasuk, servis motor dan memastikan isi bensin penuh.

Nggak cuma keperluan saya, tapi juga keperluan kerja suami. Saya juga mengajak anak untuk mempersiapkan keperluan sekolahnya, mulai dari pakaian sekolah, tas, buku, pensil, penghapus, peruncing, penggaris, dan semua hal yang berkaitan dengan kebutuhan sekolah.

Saya menyebut ini warming up (pemanasan), hehehe.

2.    Tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi

Sangat berbeda di hari libur, saya dan keluarga kadang tidur lebih malam karena habis jalan-jalan, atau sekedar nonton film bersama di rumah, dan mengerjakan hobi ngedit video untuk channel youtube hingga larut malam.

Nah, di malam pertama masuk kerja ini, saya langsung ubah kebiasaan, saatnya tidur lebih cepat. Tentu saja ini sangat membantu menjaga kesegaran tubuh, dan kesegaran pikiran. Ketika bangun pagi-pagi, saya sempatkan untuk menghirup udara segar di luar rumah, lanjut dengan rutinitas sebagai ibu rumah tangga, menyiapkan bekal sekolah dan makan untuk keluarga.

Selesai dengan tugas ini, langsung mandi, menggunakan busana kerja yang rapi dan wangi, dan mulai melaju ke kantor sambil mengawali hari dengan Bismillahirrahmanirrahim.

3.    Datang lebih cepat ke kantor

Ini yang saya lakukan, datang lebih cepat ke kantor ternyata dapat merangsang semangat kerja lebih baik. Seperti biasa, melakukan finger print dan masuk ke ruang kerja, menghidupkan komputer, menyiapkan berkas dan dokumen yang harus diselesaikan hari ini di atas meja.

  
4.    Jalin komunikasi dengan rekan kerja

Yups, setelah mengawali semuanya di ruang kerja, saatnya keluar dulu menyapa rekan kerja lain. Karena saya di bagian Divisi Radio, maka saya ke ruang studio  bertemu dengan penyiar, programmer, dan music director, menanyakan program 2018 yang sudah harus mulai dijalankan hari ini.

Setelah itu, ke ruang rapat kecil bergabung dengan rekan-rekan AE untuk saling berbagi tentang  klien yang akan dikunjungi hari ini, bagaimana pendekatan dengan klien baru, sambil disisipi dengan cerita-cerita selama liburan kemarin.

Ini langkah penting untuk membangun kebersamaan dan kedekatan emosi dengan rekan kerja yang sempat terputus selama liburan. Dengan kebersamaan ini, maka akan tumbuh semangat untuk melakukan yang terbaik untuk perusahaan di tahun baru, 2018.

5.    Ciptakan suasana nyaman di ruang kerja

Suasana nyaman ini tergantung selera, kalau kamu suka musik, maka silahkan setel musik yang kamu sukai dengan volume kecil sehingga tidak mengaggu rekan kerja yang lain. Atau kalau terbiasa mengawali hari dengan bacaan ayat-ayat suci Alquran, maka setel murottal sehingga memberikan energi positif dalam bekerja.

6.    Asah konsentrasi

Di hari pertama ini mungkin mood sudah mulai membaik untuk melakukan rutinitas kerja. Mulai lah mengasah konsentrasi dan fokus para profesi yang dijalani di perusahaan tersebut. Selesaikan tugas hari ini dengan baik, melapor ke atasan, berkoordinasi dengan rekan kerja, menyapa klien, menyelesaikan semua berkas yang tertunda selama liburan. Pulang lah sesuai jam kerja, di hari kedua dan selanjutnya, rutinitas ini tidak akan terasa berat lagi.

Dengan tips ini, semangat kerja yang kendur selama liburan dapat kembali bahkan dengan energi yang lebih tinggi untuk pencapaian di 2018 yang lebih baik.




Blog ini mengajikan berita dan analisis yang sesuai dengan kaidah jurnalisik. Ditulis dalam bentuk feature.

This Is The Newest Post

1 komentar so far

Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau ada ke bohongan sy sama sekali. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang sy takut hubungi nomer trsebut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan dana hibah maupun melalui anka nomer togel. Setelah sy telpon melalui whatsApp untuk dengar arahan nya. bukan jg larangan agama. Tergantung dari keyakinan dan kepercayaan saja. Biarlah Orang pada ngomong itu musrik hanya tuhan yg tau. mungkin ini salah satu jalan rejeki sy. Syukur Alhamdulillah melalui bantuan beliau benar2 sudah terbukti sekarang. Amin


EmoticonEmoticon