Tuesday, 19 December 2017

Wisata di Lampung ? Ayo Liburan Ke Taman Nasional Way Kambas !

Bermain bersama anak gajah di Way Kambas. Foto : Ikhsan Dwi Nur Satrio

Ingat Gajah, Ingat Lampung. Yups, salah satu Wisata di Lampung yang wajib dikunjungi adalah Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Satwa langka yang dilindungi ini menjadi salah satu ikon satwa di Lampung karena Lampung memiliki Sekolah Gajah (Pusat Latihan Gajah) atau Pusat Konservasi Gajah (PKG). Taman perlindungan gajah yang berdiri sejak 1985 ini berada tepatnya berada di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Lampung, Indonesia.

Tapak Warisan Dunia ini menempati area hutan seluas 130.000 hektare, memiliki empat tipe ekosistem utama yitu ekosistem hutan hujan dataran rendah, ekosistem hutan rawa, ekosistem mangrove, dan ekosistem hutan pantai.

Berdasarkan daerah penyebaran satwa, TNWK memiliki fauna langka, diantaranya jenis mamalia seperti Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Badak Sumatera, Tapir, Rusa, Kijang, Beruang Madu, Macan Dahan dan lain-lain. Sedangkan jenis primata terdapat Lutung, Owa, Siamang. Juga ada jenis aves, dan burung.

TNWK juga menjadi habitat banyak flora eksotis, diantaranya Api-Api, Pidada, Nipah (Nypa fruticans), Gelam,  Salam, Rawang, Ketapang, Cemara Laut, Pandan, Puspa, Meranti, dan Ramin. Kekayaan flora, fauna, serta kegiatan TNWK dapat diakses lebih lengkap di  http://waykambas.org/

Hingga sekarang PKG ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Di Way Kambas juga tedapat International Rhino Foundation dan Sumatera Rhino Sanctuary (SRS) yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah. SRS berhasil melakukan pengembang biakan badak melalui penangkaran semi in situ dengan kelahiran Andatu dan Delailah. Hutan TNWK juga dapat melahirkan badak di luar penangkaran.

Jalur Darat, Udara,  Pelabuhan

Jika Anda ingin Wisata di Lampung dengan melancong ke TNWK, akses transportasinya cukup mudah. Saat ini transportasi cukup lengkap, bahkan sudah ada Damri jalur perintis yang dapat mengantar wisatawan ke Taman Wisata favorit di Lampung ini. TNWK dapat dicapai melalui jalur darat dari Ibu Kota Provinsi Lampung, Bandar Lampung melewati jalan lintas ke Metro dan Menuju Way Jepara dengan jarak sekitar 112 kilometer. Jika tidak macet di Kota Bandar Lampung dan Lampung Tengah, maka perjalan hanya membutuhkan waktu 2 jam, tapi jika macet bisa mencapai 3 jam perjalanan santai.



Dari Bandara Raden Inten II di Branti, Natar, Lampung Selatan, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan darat dengan melewati jalur yang sama yaitu Metro hingga ke Way Jepara, Lampung Timur dengan perjalanan sekitar 2 jam.

Bagi pengunjung yang melalui jalur Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan akan melewati Panjang (Bandar Lampung-Sribawono (Lampung Timur)-Way Jepara (Lampung Timur) sekitar 4 jam perjalanan.

Lebih mudah lagi kalau Anda Wisata di Lampung dengan mengambil paket menginap dan traveling melalui hotel-hotel di Bandar Lampung yang saat ini menyediakan paket wisata untuk tamu-tamu yang menginap seperti di Hotel Sheraton, Hotel Novotel, dan Hotel Horison.


Berfoto bersama gajah. Foto : Rinda Mulyani

Proses Izin Masuk TNWK
Semua pengunjung yang ingin berwisata ke TNWK harus melapor dan mendapatkan Izin masuk di pintu gerbang Plang Ijo yang berjarak sekitar 9 km dari Pusat Konservasi Gajah. Khusus untuk izin penelitian harus mendapatkan izin dari tertulis dari petugas di Kantor Balai Besar TNWK berada di Jalan Raya Way Jepara, Labuhan Ratu Lama, Lampung, Telp. (0725) 44220.
Di pusat latihan gajah, pengunjung dapat menyaksikan pelatih mendidik dan melatih gajah liar, menyaksikan atraksi gajah main bola, menari, berjabat tangan, hormat, mengalungkan bunga, tarik tambang, berenang dan masih banyak atraksi lainnya.
Namun atraksi ini belakangan dihentikan oleh pengelola Balai Besar TNWK karena dinilai melanggar prikehewanan,hehehe. Namun, para pengunjung masih dapat menaiki gajah berkeliling di seputar hutan konservasi TNWK. Serta melihat petugas memandikan anak-anak gajah.
Salah satu yang menantang dari wisata ke TNWK adalah touring mengeliling hutan TNWK dengan naik gajah. Bagi para traveler yang suka tantangan dan alam, ini akan menjadi salah satu pengalaman yang memacu adrenalin Anda.
Penginapan
Selama berwisata di TNWK salah satu Wisata di Lampung yang favorit ini, Anda bisa menginap di  Satwa Sumatra Elephant Ecolodge, Way Kanan Resort, Pusat Pelatihan Gajah, Way Kambas National Park Camping Ground, dan YESTOYA Club House Hotel.
(Rinda Mulyani)




Blog ini mengajikan berita dan analisis yang sesuai dengan kaidah jurnalisik. Ditulis dalam bentuk feature.

2 komentar

wah seru ya, kapan aku bisa ke sana

Mudah2an bisa ngajak anak2 main ke sana


EmoticonEmoticon