Wednesday, 20 December 2017

Mengejar Ombak di Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia
Seorang peselancar melakukan aktifitas surfing
di Pantai Tanjung Setia, Krui, Lampung Barat. Foto : lampost.co

Pertamakali menginjakkan kaki di pasir putih Pantai Tanjung Setia, Krui, Lampung Barat, mata saya terpana melihat pasir putih yang bersih dan gulungan ombak yang berkejaran menuju bibir pantai. Beberapa turis telanjang dada menenteng papan surfing berjalan santai menuju spot yang menghasilkan gelombang minimal setinggi 4 meter.

Salah satu turis asal Australia yang saya temui mengaku sudah menjadikan Tanjung Setia langganan untuk liburan surfing sekali setahun. Menurutnya, dia sudah pernah mencoba surfing di beberapa tempat wisata di Indonesia, termasuk di Bali. “Gelombang disini tidak kalah bagus dengan di Bali, untuk surfing minimal tinggi gelombang 4 meter, di Pantai ini, pada pertengah tahun ombaknya bisa sangat tinggi sampai 7 meter,” ujarnya. 

Dia mengaku memilih berwisata ke Pantai Tanjung Setia hanya disaat ombak bagus karena tujuannya untuk surving. Para peselancar manca negara yang mengejar ombak di Pantai Tanjung Setia akan menginap 3-5 bulan hanya untuk melakukan hobi mereka menaklukkan ombak.

Ketinggian Ombak Bervariasi 

Pantai Tanjung Setia berada di jalur arus besar Samudera Hindia, hal ini menjadikan ombaknya cukup stabil. Ombak pantai ini akan mencapai ketinggian tertinggi di sekitar bulan April hingga Agustus. Pada waktu tertentu, ombaknya bisa mencapai tinggi 7-18 meter, dengan panjang mencapai 200 meter. Pantai ini juga pernah menjadi lokasi pilihan penyelenggaraan even Kejuaraan Surfing International Krui Pro 2017 pada April lalu.

Pantai Tanjung Setia juga menjadi pilihan yang tepat bagi peselancar pemula karena ketinggian ombak yang bervariasi pada spot-spot tertentu, ada yang 3 meter, 4 meter, dan 5 meter. Biasanya para pemula cukup dengan ombak setinggi 3 meter. Untuk mendapatkan alat selancar seperti sepatu, papan selancar, serta pakaian surfing sangat mudah. Di sekitar pantai Tanjung Setia banyak kedai-kedai kecil yang menjual alat surfing dan diving, dan snorkeling. 

Baca juga : Diantara Keheningan Hutan Bukit Barisan

Transportasi Menuju Lokasi

Jarak dari ibu kota Provinsi, Bandar Lampung ke Tanjung Setia cukup jauh yaitu sekitar 273 kilometer, jika diakses menggunakan angkutan umum atau mobil membutuhkan waktu sekitar 6—8 jam. Makannya, kalau ingin berwisata ke Pantai Tanjung Setia, sebaiknya sediakan waktu sekitar satu minggu sehingga bisa menikmati wisata bahari Krui ini dengan puas.

Spot Snorkeling dan Diving
Pantai ini tidak hanya menjadi incaran para peselancar lokal dan manca negara, tapi juga diserbu wisatawan yang ingin menikmati keindahan sunset, bermain pasir, atau berenang di pinggir pantai. Tapi hati-hati lo ya mencari lokasi berenang, karena pinggir pantai Tanjung Setia terdapat banyak karang yang cukup tajam.

Saya pernah berenang dengan asyiknya, setelah beberapa menit keluar dari air laut, baru terasa pedih di telapan kaki, dan ternyata ada beberapa bagian yang robek karena menginjak karang tajam, hik..hik..hik.

Para  wisatawan juga bisa melakukan aktifitas snokeling dan diving pada spot-spot tertentu. Tidak usah khawatir mencari spot yang bagus, biasanya penginapan sudah menyediakan pemuda sekitar yang berprofesi sebagai guide atau pemandu wisata.

Pemuda setempat menjadi guide wisata peselencar manca negara.
Foto : lampost.co


Kuliner

Kuliner di Tanjung Setia terus berkembang. Setiap tahun, kunjungan wisatawan terus bertambah. Ini juga mendorong tumbuhnya sentra kuliner di Tanjung Setia. Selain variasi menu yang dapat Anda pesan di hotel atau tempat penginapan Anda, juga banyak rumah makan yang tumbuh di sekitar lokasi pantai dengan variasi menu nusantara, dan manca negara.

Baca Juga : Menikmati Keindahan Bawah Laut Pulau Tegal

Namun, kuliner  yang paling berkesan tentunya menikmati menu khas Lampung Barat yaitu Sop Ikan Blue Marlin atau disana dikenal dengan nama Sop Ikan Tuhuk. Sebagian besar rumah makan di Tanjung Setia juga menawarkan ikan laut segar yang siap diolah, bisa dibakar, digoreng, dipepes, atau diolah dengan saus sambal.

Penginapan

Di sepanjang pinggir Pantai Tanjung Setia terdapat penginapan, cottage, losmen, hingga hotel. Anda bisa memilih tempat menginap yang dapat disesuaikan dengan kocek Anda. Bahkan, beberapa warga yang memiliki rumah atau lahan di sekitar lokasi juga menerima sewa menginap bagi para wisatawan. Harga penginapan yang ditawarkan sekitar Rp 100.000 hingga Rp 250.000 aja per malam.

Ini beberapa hotel yang dapat Anda jadikan referensi untuk menginap selama liburan di Tanjung Setia:
Hotel Jembar Manah
Alamat: Jalan Raya Pasar Liwa
telepon: + 62-728-21012

Hotel Karang Nyimbor
Alamat: Jalan Raya Tanjung Setia, Pesisir Selatan, Biha

Hotel Permata
Alamat: Jalan Raya Way Mengaku, Liwa
telepon: + 62-728-21022
Hotel Pesagi
Alamat: Jalan Raya Sebarus, Liwa
Telepon: + 62-728-21252

Wisma Silalapai
Alamat: Jalan Raden Intan No.1 Liwa
telepon: + 62-728-21750

Kepalas Losmen
Alamat: Krui
Telepon: +62 828 721 1215




Blog ini mengajikan berita dan analisis yang sesuai dengan kaidah jurnalisik. Ditulis dalam bentuk feature.

2 komentar

Sy tidak tau apa ini cara kebetulan saja atau gimana. Yg jelas sy berani sumpah kalau ada ke bohongan sy sama sekali. Kebetulan saja buka internet dpt nomer ini +6282354640471 Awalnya memang sy takut hubungi nomer trsebut. Setelah baca-baca artikel nya. ada nama Mbah Suro katanya sih.. bisa bantu orang mengatasi semua masalah nya. baik jalan Pesugihan dana hibah maupun melalui anka nomer togel. Setelah sy telpon melalui whatsApp untuk dengar arahan nya. bukan jg larangan agama. Tergantung dari keyakinan dan kepercayaan saja. Biarlah Orang pada ngomong itu musrik hanya tuhan yg tau. mungkin ini salah satu jalan rejeki sy. Syukur Alhamdulillah melalui bantuan beliau benar2 sudah terbukti sekarang. Amin


EmoticonEmoticon