Thursday, 26 October 2017

Trik Mendesain Blog Bagi Pemula

Begini desain blog saya yang saat ini. Udah ada kategori, ada media sosial, dan beberapa gadget lain.
    
 Bagaimana Trik Mendesain Blog Bagi Pemula? Ini tema tugas dari Kelas Ngeblog Seru yang diselenggarakan oleh Tapis Blogger. Kelas Ngeblog Online ini dipandu oleh pendiri Tapis Blogger, Mbak Naqiyyah Syam. Sebelumnya sudah dapat tugas menggunakan kata kunci dalam menulis artikel di blog untuk tema kuliner.
     Nah, ini untuk tugas kedua, para peserta diminta menceritakan pengalaman dalam membuat blog, baik suka maupun dukanya, hik..hik. Pertama-tama izinkan saya curhat sedikit dulu kenapa saya akhirnya tertarik untuk belajar dan memuat blog. Jujur saja, saya termotivasi dari postingan-postingan Mbak Naqiyyah di Facebook tentang kegiatan Tapis Blogger yang mereview berbagai produk. Wah, saya langsung berpikir, blogger ataupun V-blogger memiliki masa depan yang cerah untuk melaksanakan hobi sekaligus meraup rupiah dan dolar,hehehe.
     Apalagi, saya sering mendapat informasi tentang perubahan produsen-produsen di Jakarta, yang sering mengundang blogger untuk mereview produk atau jasa yang ingin mereka promosikan. Bahkan, lembaga pemerintah pun kini mulai beralih ke media blog untuk menyampaikan sosialisasi atau edukasi kepada masyarakat. Barangkali, tulisan-tulisan para blogger dinilai lebih mengena karena menceritakan pengalaman pribadi dalam bahasa yang santai sehingga lebih disenangi para pembaca di dunia maya.
     Nah, berawal dari kondisi inilah, saya sebagai jurnalis yang memang sudah sering menulis akhirnya memilih untuk terjun ke dunia blog. Sebagai pemula, tentunya, saya mengalami kesulitan ketika harus membuat blog karena tidak pernah mempelajarinya. Keinginan untuk membuat blog maju-mundur, maju-mundur cyantikkk aja. Tanya sana-tanya sini, nggak jadi-jadi blognya. Sampai akhirnya, di kantor tempat saya bekerja, Lampung Post mengadakan pelatihan membuat blog.

Semangat Belajar Blog
     Yes! Gayung bersambut, keinginan saya menemukan jalan. Ternyata, perusahaan media besar pun harus mengikuti perubahan zaman menuju media digital. Sebab itu, seluruh awak redaksi harus memiliki keterampilan media digital. Singkat cerita, saya belajar Trik Mendesain Blog BagiPemula kepada seorang tutor dari I-Tech Metro. Akhirnya, jadilah sebuah blog yang sangat sederhana. Hanya bisa menampilkan tulisan dan foto saja, hik..hik. Blog terlalu sederhana, tidak menarik, tidak ada kategori, tidak ada widget, polossss banget.
     Namun, saya tidak mau putus asa, saat melihat ada teman sekantor  memiliki desain blog yang cukup lengkap dan rapi, saya belajar dari dia. Ternyata dia juga belajar sama temannya, akhirnya saya pun belajar dari temannya teman saya. Saya diajarkan untuk mengedit HTML dan menata tata letak blog untuk memperbaiki Nama Blog (header), serta menambahkan berbagai gadget. Yah, namanya belajar gratisan ya sama teman, nggak enak dong terus-terusan nanya dan mengganggu teman.
     Makanya, saya juga belajar ke mbah google bagaimana Trik Mendesain Blog Bagi Pemula, SEO, artikel yang bagus untuk blog, serta sesekali memotivasi diri melihat kisah para blogger sukses,hehehe. Biar semangat!
Sekarang saya sudah bisa mengedit kategori, memasukkan label, menyambungkan link, menambah berbagai gadget. Nah, saat ini, ada satu hal nih yang membuat masih bingung, yaitu mengisi  Web Tools seperti contact form, disclaimer, privacy policy, sitemap, dan term of service. Saya masih bingung, apakah itu wajib ada pada sebuah blog, dan bagaimana cara mengeditnya di HTML.

     Akhirnya, saya memutuskan untuk tidak mengutak-atik dulu bagian bawah blog, jadi itu masih bawaan darisananya. Sementara, untuk mendaftar ke Google AdSense, disyaratkan bahwa desain blog sudah harus sempurna, tidak dalam pengerjaan, dan memiliki berita serta foto yang memadai. Saya sudah dua kali mendaftar ke AdSense dan ditolak.
     Tiba-tiba kemarin, saya mendapat email dari Google AdSense meminta saya mendaftarkan blog saya lagi untuk direview. Rayuannya maut lagi “Siap untuk mulai menampilkan iklan?”. Oh No, saya belum siap! Saya kuatir, kalau blog saya belum didesain secara lengkap, blog saya tidak lolos lagi. Semoga, melalui kelas blog online ini nanti, saya bisa mendapatkan banyak ilmu dan Trik Mendesain Blog Bagi Pemula sehingga desain blog saya memenuhi syarat yang diinginkan Google AdSense.

(RINDA MULYANI)

Blog ini mengajikan berita dan analisis yang sesuai dengan kaidah jurnalisik. Ditulis dalam bentuk feature.

2 komentar


EmoticonEmoticon