Saturday, 9 September 2017

Tips Memotret Agar Hasil Foto Bagus

Tags

      Slide demi slide foto hasil jepretan fotografer senior Lampung, Yopi Pangkey membuat peserta Kelas Fotografi  Tapis Blogger terpukau. Puluhan mata mengamati detil-detil hasil foto yang indah tersebut. “Nah, coba pehatikan foto ini, unsur fotografi apa saja yang terdapat dalam foto ini,” ujarnya sambil menunjukkan foto seorang petani yang berjalan di jalan setapak tanah dengan sisi kiri dan kanan berjejer pohon karet yang menjulang tinggi.
Pemateri Kelas Fotografi, Yopie Pangkey menjelaskan tentang kaidah fotografi.
      Yopie Pangkey hadir sebagai pemateri Kelas Fotografi yang digelar Tapis Blogger dalam rangka memperingati HUT Ke-1 Tapis Blogger, Sabtu (9/9/2017), di Taman Wisata Wira Garden, Bandar Lampung. Kegiatan ini juga dihadiri oleh pendiri Tapis Blogger Naqiyyah Syam, beserta para pengurus.
Seluruh mata peserta tertuju kepada foto yang ditunjukkan pemateri. Foto yang memiliki unsur pengulangan garis itu seakan mengarahkan mata penikmati foto untuk melihat subjek foto. Pencahayaan matahari yang bersinar dari belakang menembus sela-sela pepohonan dan memberi bayangan indah kepada subyek. Dengan antusias satu persatu peserta menjawab pertanyaan pamateri.
     “Ya, benar, unsur yang dipenuhi lebih lengkap. Hukum sepertiga terpenuhi,  foregroud berupa barisan pohon, sudut pemotretan, dan pencahayaan.  Secara teori fotografi memiliki unsur-unsur yang harus dipenuhi, tapi pada prakteknya, selama foto itu indah dan dinikmati oleh banyak orang, maka itu foto bagus,” ujar Yopie yang sudah menjalankan hobi fotografi sejak 1992 ini.
Dia memaparkan,  secara defenisi fotografi adalah seni melukis dari cahaya.          Beberapa unsur yang harus diperhatikan untuk mendapatkan foto bagus adalah komposisi yaitu bagaimana cara seorang fotografer meletakkan benda-benda atau objek yang ada menjadi frame yang enak dilihat. “Dalam fotografi ada istilah Rule of Thirds atau hukum sepertiga bagian. Kita bagi bidang horizontal menjadi tiga bagian dan bidang vertikal tiga bagian, akan bertemu sempat titik. Nah, tempatkan objek yang kita inginkan di frame tersebut, maka hasil fotonya akan bagus,” ujar mantan fotogragfer Jawa Post ini.

Para peserta Kelas Fotografi melakukan praktek pengambilan foto di lokasi Wira Garden.
     Selanjutnya, unsur fotografi lain disebut Angle of View atau Sudut Pemotretan. Menurutnya, sudut pemotretan akan berpengaruh terhadap pencahayaan dan suasana pada foto. “Pikirkan sudut pemotretan untuk mendapatkan sudut pemotretan terbaik,” tuturnya. Juga terdapat unsur backgroud dan foreground. Background adalah semua benda yang ada di belakang objek utama, sedangkan foreground semua benda yang ada di depan objek foto.
     Yopie juga menjelaskan tentang pentingnya fungsi pencahayaan. Sumber cahaya bisa dari matahari, avalaibel light atau cahaya ruang yang ada, cahaya jendela, dan cahaya pantulan. “Jika kita merasa butuh cahaya pantulan, dapat menggunakan steorofom, banner, kertas putih atau lainnya yang dapat memantulkan cahaya,” kata Yopie.
     Dia memberikan tips, untuk cahaya yang terlalu terang dapat dilembutkan dengan meletakkan tisu tipis pada cahaya kamera. Yopie juga menyarankan benda-benda transparan seperti kelompak bunga tipis, daun dengan tulang-tulang daun yang tipis, atau air mineral dan sirup warna-warni, tirai jendela, sangat pas diambil dengan posisi cahaya backlight. “Cahaya dari belakang pada benda transparan akan memberikan hasil foto yang bagus.”

Salah satu peserta mengambil view dari ketinggian.
     Usai pemaparan materi, para peserta Kelas Fotografi melakukan praktek dengan menjepret pemandangan dan fasilitas Taman Wisata Wira Garden, produk sponsor seperti tumpeng dari Papa Toms, Susu Segar Home Town Diary, buku terbitan Aura Publishing, Jilbab Tasya Busana, ubi cilembu Griya Oebi, Lampung Banan Foster, Smart Tour and Travel, Lulur Roro Mendut, dan lainnya.

(Rinda Mulyani)



Blog ini mengajikan berita dan analisis yang sesuai dengan kaidah jurnalisik. Ditulis dalam bentuk feature.

2 komentar

Eahh nomor satu nyetor liputan milad tapis blogger.. Semangat!!... Ini aq masih ngotak atik foto..

Yeee, cemunguttt mas Rasuane noor!


EmoticonEmoticon