Saturday, 9 September 2017

Rayakan HUT Ke-1, Tapis Blogger Gelar Kelas Fotografi

Tags

     Naqiyyah Syam melangkah ke depan puluhan peserta Kelas Fotografi di salah satu aula Taman Wisata Wira Garden, Jalan Wan Abdurahman, Batu Putu, Bandar Lampung, Sabtu (9/9). Pagi itu, Ibu muda ini mengenakan gamis satin bunga-bunga besar yang serasi dengan jilbab biru lebarnya. Mendekati tumpeng yang dihiasi dengan tulisan Happy Birthday Tapis Blogger, senyum Naqiyyah Syam mengembang. Rona wajahnya memancarkan kebahagiaan.

Pendiri Tapis Blogger Naqiyyah Syam memotong tumpeng
memperingati HUT Ke-1 Tapis Blogger, Sabtu (9/9/2017), di Taman Wisata Wira Garden.
     Ya, sebagai pendiri Tapis Blogger pada 31 Agustus 2016 lalu, peringatan satu tahun komunitas para blogger (narablog) memberi arti penting bagi penulis perempuan produktif di Lampung ini. “Awalnya saya mendirikan Tapis Blogger ini untuk para ibu-ibu, belum pede untuk membukanya untuk umum. Maklum, kami para ibu kan masih ‘unyu-unyu’ dalam hal menulis, tulisannya tentang curhatan. Akhirnya ketemu sama mas Yopie Pangkey yang meyakinkan saya untuk membuka Tapi Blogger ini untuk umum, makanya pada 31 Agustus 2016, disepakati Tapis Blogger dibuka untuk umum dan ditetapkan sebagai hari lahirnya Tapis Blogger,” ujar pemilik nama asli Sri Rahayu ini, saat membuka kegiatan pelatihan fotografi hari itu. 

Baca juga : Tips Memotret Agar Hasil Foto Bagus

     Kegiatan ini masih dalam rangkaian memperingati Milad ke-1 Tapis Blogger Lampung. Sebelumnya, Tapis Blogger sudah melaksanakan kegiatan Blogging Class yang dilaksanakan seminggu lalu. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai daerah seperti Bandar Lampung, Metro dan Kota Gajah—Lampung Tengah. Menurut Naqiyyah Syam, kegiatan Kelas Fotografi yang menghadirkan fotografer senior Lampung ini diikuti oleh para blogger yang merupakan anggota Tapis Blogger dan pemenang Blogging Class.

Fotografer Senior Lampung, Yopie Pangkey menjelaskan
 tips memotret foto bagus sesuai kaidah fotografi.
     “Kami ingin meningkatkan kualitas para anggota Tapis Blogger dulu. Blog itu tidak hanya kontennya yang harus bagus, tapi foto juga harus bagus dan menarik, selain itu tampilan blognya. Peningkatan kualitas ini akan dilakukan secara bertahap. Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas blog anggota Tapis Blogger,” ujar ibu rumah tangga yang sudah menerbitkan 35 buku ontologi baik solo maupun duet ini.
     Usai pemaparan materi fotografi oleh Yopie Pangke, Naqiyyah Syam memotong tumpeng sebagai penanda peringatan HUT ke-1 Tapis Blogger. Dilanjutkan dengan makan bersama, dan praktek fotografi hingga sore hari. Anggota Tapis Blogger berasal dari lintas profesi dan usia, mulai dari blogger traveler, fotografer, jurnalis, chef, dosen, ibu rumah tangga, mahasiswa, pecinta puisi bahkan pekerja kantoran yang hobi nge-blog. Untuk menjadi anggota Tapis Blogger hanya perlu punya blog, instagram, twitter, dan facebook, lalu bergabung ke akun Facebook Tapis Blogger, selanjutnya tim admin akan meninjau blog pendaftar untuk kemudian masuk menjadi komunitas Tapis Blogger.

Para anggota Tapis Blogger yang mengikuti Kelas Fotografi berfoto bersama usai acara.
     “Selain dapat menambah pertemanan, mempererat silaturahmi, kami juga saling mengunjungi blog teman, dan melakukan kegiatan blog review,” ujar Naqiyyah Syam. Saat ini, Tapis Blogger sudah menjalin banyak kerjasama dengan perusahaan, instansi pemerintah, tempat wisata, dan kuliner yang meminta review dari para anggota Tapis Blogger.  Pada acara pelatihan fotografi kemarin, peserta latihan memotret produk-produk sponsor sekaligus membuat review produk. Diantaranya tumpeng dari Papa Toms, Susu Segar Home Town Diary, buku terbitan Aura Publishing, Jilbab Tasya Busana, ubi cilembu Griya Oebi, Lampung Banan Foster, Smart Tour and Travel, Lulur Roro Mendut, dan lainnya.

(Rinda Mulyani)


Blog ini mengajikan berita dan analisis yang sesuai dengan kaidah jurnalisik. Ditulis dalam bentuk feature.


EmoticonEmoticon