Sunday, 13 August 2017

Kekeringan Lampung Terdeteksi di Tiga Wilayah

Tags


http://blog.act.id
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung memperkirakan tiga wilayah di Lampung akan mengalami kekeringan luarbiasa pada tiga bulan ke depan, yaitu Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, dan Lampung Barat. "Ya, berdasarkan pantaun kami. Lampung akan alami bahaya kekeringan yang sangat luar biasa, khususnya di tiga wilayah tersebut," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Haryanto, kepada Lampung Post, saat dihubungi, Minggu malam (13/8).
Menurutnya, bahaya kekeringan yang terjadi ditiga bulan kedepan akan berdampak pada mudah terbakarnya hutan dan lahan. Pantuan terakhir BMKG terdeteksi empat titik api di dua daerah yaitu Lampung Timur dan Lampung Tengah tingkat kepercayaan 80 %. "Ini patut diwaspadai oleh semua pihak, agar apa yang dikhawatirkan tidak terjadi. Karena kondisi ini akan terjadi hingga Oktober mendatang," kata dia.
Menyikapi kondisi tersebut, BMKG menegaskan kepada masyarakat Lampung untuk memperhatikan tiga poin penting. Pertama,  bagi masyarakat yang melihat titik api di wilayahnya, untuk segera melaporkan ke aparat setempat sehingga bisa segera di atasi. Kedua, bagi para petani yang melakukan pembakaran lahan dan hutan agar tidak meninggalkan api dalam kondisi menyala.
"Dan yang terakhir, bagi instansi terkait mulai dari Pemerintah Kabupaten/kota hingga Provinsi untuk sedini mungkin mempersiapkan perlatan yang menjadi kebutuhan untuk pemadaman api," tegasnya.
Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait tentang kondisi yang dialami hingga tiga bulan kedepan. "Ya, koordinasi terus kami lakukan. Ini sudah kewajiban kami, tentu kerja kami akan sia-sia jika tidak ada dukungan dari masyarakat dan pihak terkait."

SUMBER : LAMPOST.CO


Blog ini mengajikan berita dan analisis yang sesuai dengan kaidah jurnalisik. Ditulis dalam bentuk feature.


EmoticonEmoticon